BundaMimi

Wednesday 8 April 2009

BROWNIES KETAN HITAM (PANGGANG/KUKUS)


Resep brownies ini saya dapatkan dari bungkus plastik tepung ketan hitam merek "KUMALA". Brownies ini bisa di masak dengan metode dipanggang dalam oven atau dikukus. Perbeaannya : kalau dipanggang menggunakan mentega cair, sedangkan bila dikukus menggunakan minyak. Terus terang saya belum pernah mencoba brownies kukus, karena cetakan cake yg saya miliki terlalu besar untuk kukusan yg saya miliki.

Brownies ini enak, empuk, tidak terlalu manis. Hanya untuk orang yg baru pertama sekali merasakan kue dengan menggunakan bahan tepung ketan hitam akan berkomentar rasanya agak aneh. Hal ini disebabkan karena tepung ketan hitam walaupun halus masih menyisakan rasa berpasir... Tapi menurut saya, justru disinilah letak keunikan dari kue2 yang terbuat dari tepung ketan hitam. Selamat mencoba....



Bahan :
6 btr telur
200 gr gula caster
250 gr tepung ketan hitam
200 gr minyak/mentega cair
1 sdt emulsifier
1/2 sdt vanili

Cara membuat :

1. Kocok telur, gula dan vanili lalu masukkan emulsifier, kocok sampai mengembang
2. Masukkan tepung ketan hitam dan minyak/mentega cair, aduk rata.
3. Masukkan dalam loyang lalu kukus/panggang +/- 35 menit.
posted by BundaMimi at 14:48

0 Comments:

Post a Comment

<< Home